Published : 08 January 2018


Dalam penulisan sebuah karya ilmiah tentu kita membutuhkan sumber atau literatur yang tepat dalam dijadikan rujukan. Jurnal adalah artikel ilmiah yang ter-publikasi. Di dalam penulisan sebuah Jurnal kita perlu menelaah daftar pustaka yang terkait dengan topik atau tema Jurnal yang akan kita buat.

Metode Literature Review ini bertujuan agar posisi Jurnal penelitian yang akan kita buat semakin kuat dan bernilai ilmiah. Disamping itu dengan memberikan literatur daftar pustaka yang jelas akan membantu para pembaca dalam membuat kesimpulan serta menangkap lebih dalam isi dari Jurnal yang telah kita buat.

Berikut telah kami rangkum 5 Sumber Literatur Jurnal Ilmiah Yang Harus Anda Ketahui :

1. Artikel / Jurnal Ilmiah

Artikel atau Jurnal Ilmiah lain dengan bidang keilmuan yang sama akan sangat membantu sebagai sumber literatur untuk Jurnal yang sedang Anda kerjakan. Akan lebih baik jika kita memilih sumber artikel ilmiah dengan hasil penelitian terbaru. Biasanya kita dapat menemukan penelitian terbaru dengan mencari artikel atau jurnal ilmiah yang terbit dalam kurun waktu dua sampai empat tahun terakhir.

2. Seminar

Prosiding Seminar atau biasa disebut Seminar memiliki posisi yang hampir sama dengan Jurnal Ilmiah. Hanya saja prosiding seminar lebih dikhususkan pada hasil dari sebuah konferensi ilmiah. Sebuah prosiding seminar yang ilmiah telah melalui proses editing dan review yang ketat, serta memiliki ISBN atau ISSN.

3. Tesis / Disertasi

Tesis biasa kita kenal sebagai karya tulis ilmiah yang dibuat sebagai prasyarat dalam menyelesaikan Program Studi Magister atau S2. Sedangkan Disertasi adalah karya tulis ilmiah prsyarat Program Studi Doktoral atau S3. Terlepas dari posisinya sebagai sebuah karya tulis ilmiah, posisi Tesis dan Disertasi dinilai relatif kurang kuat karena keduanya belum terpublikasi secara internasional.

4. Buku

Buku adalah sumber literatur untuk penulisan Artikel atau Jurnal ilmiah. Sebuah buku berisi pembahasan ilmiah bidang keilmuan tertentu. Sebuah buku referensi dapat berupa hasil dari penelitian ilimiah atau berisi konsep dasar suatu bidang keilmuan tertentu. Satu hal yang perlu Anda perhatikan jika menggunakan buku sebagai sumber literatur adalah tahun terbit dan topik bahasan yang benar-benar terkait dengan topik atau tema Jurnal yang kita buat.

5. Media / Internet

Sumber literatur terakhir yang bisa Anda gunakan adalah sumber media massa atau internet. Ada beberapa hal yang wajib Anda perhatikan jika menggunakan media massa atau internet sebagai literatur ilmiah. Berikut beberapa syarat yang perlu Anda perhatikan :

  • Artikel atau berita yang dimuat oleh media massa yang kredibel
  • Data atau informasi yang diambil dari situs resmi dari pemerintah atau kementerian
  • Blog atau tulisan dari para pakar yang telah diakui ahli dalam bidangnya
  • Situs resmi organisasi nasional atau internasional, contoh ICW, PBB, BPS, atau OKI
  • Jurnal elektronik dari open access journal

Beberapa hal di atas adalah 5 Sumber Literatur Jurnal Ilmiah Yang Harus Anda Ketahui. Semoga membantu Anda dalam menulis Artikel atau Jurnal Ilmiah yang berkualitas.



Pencarian
Ikuti Kami