Published : 06 October 2018


Memiliki publikasi jurnal internasional memang menjadi faktor yang bisa melejitkan karir seorang dosen. Salah satu penerbit jurnal paling bergengsi adalah Elsevier, dengan produk jurnal elektronik andalannya ScienceDirect. Hampir semua jurnal yang terbit di Elsevier, memiliki indeks jurnal Scopus dengan nilai Q yang tinggi. Sudah pasti manuskrip jurnal yang telah terpublikasi di Elsevier adalah yang berkualitas baik dari segi konten maupun kebahasaan. Dengan kata lain, untuk dapat menerbitkan jurnal di Elsevier harus melewati seleksi yang sangat ketat

Mahalkah Harga Publikasi Jurnal Elsevier? Berikut Daftarnya

Selain harus memastikan kualitas penulisan jurnal, seorang penulis juga harus memperhatikan tujuan dari publikasi jurnal. Apabila tujuan utama publikasi jurnal adalah untuk menambah angka kredit, penulis bisa memilih untuk publikasi secara gratis. Kelemahan dari publikasi jurnal secara gratis adalah kemungkinan untuk artikel tersebut dirujuk oleh peneliti lain lebih kecil, karena pembaca harus membayar untuk mendapatkan artikel jurnal secara lengkap. Namun apabila tujuan utama penulis adalah untuk memperkuat "Nama" sebagai peneliti professional, seperti Doktor, Professor, atau Guru besar, publikasi berbayar adalah pilihan yang lebih direkomendasikan.

Prinsip "Jer Basuki Mawa Bea" berlaku dalam hal ini. Seperti layaknya orang berjualan, seorang dosen atau peneliti juga harus memiliki "Modal" lebih banyak jika ingin mendapatkan hasil yang lebih besar. Hal ini terkait dengan Tri Dharma perguruan tinggi. Publikasi internasional memberikan angka kredit yang besar bagi karir seorang dosen. Meskipun harga publikasi di indeks jurnal internasional yang ternama relatih mahal, namun itulah harga yang harus dibayar untuk mendapatkan hasil yang besar. Dengan memiliki jurnal di publikasi yang berbayar, artikel yang dipublikasikan akan tersedia secara gratis, sehingga kemungkinan untuk dibaca dan dirujuk akan lebih besar.

Sebagai salah satu penerbit jurnal internasional, Elsevier telah memiliki nama besar di kalangan peneliti dan akademisi. Lalu Mahalkah Harga Publikasi Jurnal Elsevier? Berikut Daftarnya :

Daftar Harga Publikasi Jurnal Elsevier 2017-2018

Semoga bermanfaat :)



Pencarian
Ikuti Kami