Published : 27 May 2018


Bagi kamu yang baru lulus Sekolah Menengah Atas (SMA/SMK) dan ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, seringkali kebingungan dihadapkan dengan banyaknya pilihan jurusan kuliah. Memilih jurusan kuliah yang sesuai adalah tahapan paling krusial bagi kamu untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. Untuk itu kamu harus mempertimbangkan secara matang jurusan apa yang ingin kamu masuki. Jangan sampai di tengah perkuliahan kamu justru kehilangan semangat belajar karena merasa jurusan kuliah yang kamu ambil tidak sesuai. Kali ini kita akan membahas 7 Tips Memilih Jurusan Kuliah Sesuai Prioritas :

1. Sesuai Passion

Secara sederhana, Passion adalah sesuatu yang kita tidak pernah bosan untuk melakukannya. Passion adalah sesuatu di dalam diri yang mendorong kita bergerak untuk mencapainya. Jika kita memiliki passion dalam suatu bidang, kita tidak akan mudah menyerah sebelum mencapai keberhasilan di bidang tersebut. Untuk itu kuliah tersebut di masa depan.

2. Potensi Diri

Prioritas berikutya adalah potensi diri. Jangan pernah berhenti untuk menggali potensi diri kamu. Tentukan satu bidang yang kamu anggap kamu berpotensi kuat untuk berhasil. Pilihlah jurusan kuliah yang sejalan dengan potensi diri kamu yang yang sebenarnya. Memilih jurusan yang sesuai dengan potensi diri tentu akan memudahkan kamu dalam menempuh kuliah di bidang tersebut.

3. Motivasi

Motivasi adalah tujuan yang kamu tetapkan setelah masuk jurusan kuliah tersebut. Jika kamu tidak memiliki motivasi yang kuat tentu kamu tidak akan menjalani perkuliahan dengan semangat. Untuk itu tentukan sejak dini motivasi apa yang kamu cari di jurusan kuliah yang akan kamu jalani tersebut.

4. Kepribadian Diri

Setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Menurut John Holland, ada enam tipe kepribadian secara umum yaitu :

  • Realistic (Bersifat Realistis)
  • Thinkers (Pemikir)
  • Creators (Berjiwa seni)
  • Helpers (Berjiwa Penolong)
  • Persuaders (Mempengaruhi orang lain)
  • Organizers (Mengorganisasi)

Enam tipe kepribadian diatas bisa kamu cocokkan dengan jurusan kuliah yang akan kamu pilih. Jika kamu adalah orang yang pemikir, mungkin kamu bisa memilih jurusan seperti Teknologi Informasi.

5. Peluang di Masa Depan

Cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai jurusan kuliah yang kamu minati dengan peluang di masa depan. Tentukan jurusan kuliah yang memiliki peluang luas di masa depan. Masing-masing jurusan kuliah tentu punya peluang masing-masing di masa depan. Seimbangkan kemampuan kamu dengan peluang di masa depan sebagai patokan untuk memilih jurusan kuliah

6. Konsultasi

Manfaatkan guru bimbingan konseling di sekolah kamu untuk berkonsultasi mengenai jurusan kuliah yang akan kamu ambil. Kamu bisa menanyakan mengenai prospek dan peluang kerja di masa depan. Hambatan dan tantangan dalam menempuh studi, dan lain sebagainya. Dengan berkonsultasi dengan orang yang lebih berpengalaman, akan berguna sebagai bekal dalam menentukan jurusan kuliah yang akan kamu ambil.

7. Perhitungkan Biaya

Dari 6 prioritas memilih jurusan kuliah yang telah kita bahas diatas, jangan lupa juga memperhitungkan biaya yang harus dikeluarkan jika mengambil jurusan kuliah tersebut. Sesuaikan kemampuan orang tua dengan jurusan kuliah yang akan kamu ambil. Atau kamu bisa mencoba mendaftar ke berbagai program beasiswa yang ada. Sebisa mungkin kamu harus menyesuaikan keinginan kamu dengan kemampuan orang tua.

Beberapa hal diatas adalah 7 Tips Memilih Jurusan Kuliah Sesuai Prioritas. Semoga bisa membantu kamu dalam memilih jurusan kuliah yang tepat. Keep positive guys!



Pencarian
Ikuti Kami