Published : 26 August 2018


Sebagai seorang ilmuwan atau yang berkecimpung di dunia akademis. Publikasi jurnal internasional sangatlah penting. Dengan memiliki jurnal yang terpublikasi secara internasional, kita dapat menunjukkan hasil penelitian kita ke komunitas yang lebih luas (internasional). Selain itu jurnal publikasi internasional juga menunjukkan seberapa besar reputasi dan kualitas jurnal yang kita buat. Jurnal terpublikasi internasional juga dapat digunakan sebagai tiket untuk mendapakan beasiswa ke jenjang yang lebih tinggi. Serta menunjukkan kualitas daya saing bangsa Indonesia di mata dunia internasional.

Untuk itu pada artikel kali ini kita akan membahas secara singkat bagaimana Strategi Menulis Jurnal Publikasi Internasional.

1. Kualitas Penelitian

Di dalam penulisan jurnal, tunjukkan bahwa penelitian yang kita buat penting dan menarik. Tidak kalah penting adalah menunjukkan tingkat kebaruan (up-to-date) dari penelitian kita. Gunakan metode penelitian valid yang biasa digunakan di jurnal tingkat internasional. Berikan rancangan bangun dan percobaan yang benar serta telah memenuhi standar data yang cukup baik secara kualitas maupun kuantitas nya.

2. Kualitas Penulisan

Kualitas penulisan dalam sebuah jurnal sangatlah penting bagi seorang editor atau reviewer. Kualitas penulisan mencerminkan kualitas ilmiah yang ada di dalam sebuah jurnal. Gunakan format penulisan yang benar dan sesuai, karena setiap jenis jurnal memiliki gaya penulisan yang berbeda. Terjemahkan jurnal anda ke bahasa inggris yang baik dan benar. Jika anda tidak memilik kemampuan penulisan bahasa inggris baik, Anda bisa mengandalkan Jasa Translate Jurnal yang terpercaya.

3. Referensi Jurnal

Carilah referensi jurnal yang tepat untuk penelitian Anda. Sangat penting untuk mencari referensi jurnal yang telah terindeks internasional. Anda bisa memanfaatkan beberapa mesin pencari jurnal yang telah terindeks seperti Scopus, Thomson reuters, Science direct, Elsevier, dan Proquest. Carilah jurnal dengan impact factor tinggi yang cocok dengan penelitian Anda.

4. Hindari Plagiarisme

Plagiarisme atau pembajakan adalah hal yang haram di dalam dunia penulisan jurnal ilmiah. Hindari copy-paste atau salin dan tempel dari jurnal lain. Tindakan plagiarisme sangatlah dibenci oleh para reviewer jurnal. Sebisa mungkin jauhilah plagiarisme jika ingin jurnal Anda masuk publikasi internasional.

5. Revisi Reviewer

Reviewer jurnal akan memberikan komentar dan masukkan tentang apa saja yang harus diperbaiki di dalam jurnal kita. Pastikan kita bisa merespon reviewer jurnal secara positif. Tanggapilah pernyataan reviewer dengan baik. Jika tidak sepakat, Anda harus mampu memberikan tanggapan dengan argumen-argumen yang kuat, serta sampaikan argumen tersebut dengan penuh respect. Hindari tindakan ofensif dan counter attack kepada para reviewer.

Beberapa hal diatas adalah Strategi Menulis Jurnal Publikasi Internasional yang bisa Anda terapkan untuk mengejar publikasi internasional yang ingin Anda capai. Semoga memberikan pencerahan dan tambahan semangat bagi Anda. Keep writing guys!



Pencarian
Ikuti Kami