Published : 25 June 2018


Salah satu tantangan terbesar bagi seorang mahasiswa adalah menyelesaikan Skripsi. Banyak mahasiswa yang terlambat lulus karena terganjal skripsi yang tidak kunjung selesai. Padahal kalau lebih jeli, lancar atau tidaknya skripsi tergantung pada judul skripsi yang kita ambil. Untuk itu dalam seri artikel tips Translate Jurnal kali ini kita akan membahas 10 Tips Mudah Mendapatkan Judul Skripsi Yang Bisa Cepat Lulus.

1. Temukan Minatmu

Ambil pena dan kertas serta luangkan waktu setiap hari untuk bertanya pada diri sendiri, apa sebenarnya minat yang kamu miliki di bidang studi yang kamu ambil. Temukan banyak ide dari minat tersebut dan tuliskan dalam selembar kertas. Misalnya kamu seorang mahasiswa IT, kamu lebih tertarik di bidang Kecerdasan Buatan (Aritifical Intelligence) atau lebih ke bidang Sistem Informasi. Temukan banyak ide dari minat yang kamu miliki.

2. Cari Referensi

Jangan malas melangkahkan kaki ke perpustakaan jurusan. Cari referensi naskah skripsi kakak-kakak senior. Bacalah minimal Bab 1 dari skripsi-skripsi tersebut. Pastikan kamu familiar dengan teknik penulisan skripsi kakak-kakak senior kamu. Ambil inspirasi dan temukan ide baru dari judul-judul skripsi yang telah mereka buat.

3. Baca Banyak Jurnal

Selain membaca naskah skripsi karya kakak senior. Kamu juga bisa mengumpulkan banyak jurnal ilmiah yang terkait dengan bidang studi kamu. Jurnal bisa kamu peroleh dari direktori jurnal ataupun internet. Sebuah jurnal pasti memiliki kekurangan untuk kita gali lebih dalam. Kembangkan ide dari kekurangan di jurnal tersebut. Cara ini bukanlah plagiat, tapi justru kita berkontribusi untuk mengembangkan ilmu pengetahuan di jurnal yang sudah ada.

4. Ikuti Perkembangan Berita

Disamping sibuk mengumpulkan referensi, luangkan dirimu untuk mengikuti perkembangan berita yang terjadi di sekitarmu. Baca koran atau majalah terpercaya. Tonton acara berita atau rangkuman informasi yang menarik minatmu. Fenomena yang terjadi di sekitarmu bisa merangsang otak untuk berpikir dan mencari ide judul skripsi yang akan kamu buat.

5. Ikut Kelas Kuliah

Tidak jarang mahasiswa yang kesulitan menemukan judul skripsi justru malas ke kampus atau ke perpustakaan. Padahal akan sangat bermanfaat jika kamu rajin ke kampus atau tidak ada salahnya kamu mengikuti kelas di mata kuliah yang sesuai minat ketertarikan kamu. Cobalah sesekali masuk ke kelas tersebut dan dengarkan ceramah dosen. Dengan mengikuti kelas dan mendengarkan ceramah dari dosen tentu akan memicu otak kamu untuk menemukan ide judul skripsi yang akan kamu kerjakan.

6. Bertukar Pikiran Dengan Senior

Kamu punya teman dekat kakak senior? Manfaatkan dengan baik, dengan sering bertukar pikiran hal-hal ilmiah tentang perkuliahan. Tidak ada salahnya kamu bertanya tentang tahapan skripsi yang sedang dia kerjakan. Jika kamu punya ide kamu juga bisa menanyakan pendapatnya untuk memberi masukan terhadap ide tersebut. Sehingga kamu lebih siap untuk memulai mengerjakan skripsi.

7. Dosen Pembimbing

Jika kamu sudah melakukan tahapan tips diatas, kamu sudah punya daftar judul skripsi yang ingin kamu ambil. Namun masih merasa rendah diri atau tidak yakin dengan judul tersebut. Tidak ada salahnya kamu menemui dosen pembimbing, dan berkonsultasi mengenai judul-judul tersebut. Mintalah pendapat beliau mengenai judul-judul tersebut. Pendapat beliau akan membuka pandangan baru bagi kamu, sehingga ide kamu akan lebih berkembang dan matang.

8. Gabung Proyek Dosen

Kebayakan dosen memiliki proyek untuk memenuhi tugas dan pengabdianya di perguruan tinggi. Tidak ada salahnya kamu mencari info dan bergabung dengan proyek dosen. Dengan bergabung di proyek dosen, selain akan membantu dosen memenuhi tugasnya, kamu juga dapat memanfaatkan proyek tersebut sebagai judul skripsi kamu. Tidak jarang kamu juga akan mendapatkan peenghasilan tambahan jika bergabung dengan proyek dari dosen. Sambil menyelam, dua-tiga pulau terlampaui :)

9. Jangan Perfeksionis

Tidak jarang mahasiswa yang telat lulus terkendala karena terlalu perfeksionis memilih judul dan tema yang berat, serta beskala internasional. Pemilihan judul dan tema yang terlalu berat tidak jarang justru akan memperberat kamu dalam mengerjakan skripsi tersebut. Untuk itu cobalah lebih longgar dan jangan perfeksionis dalam mengerjakan skripsi kamu. Mata kuliah skripsi pada dasarnya untuk melatih kamu melakukan penelitian, jika bisa diselesaikan lebih cepat maka tidak perlu membuatnya terlalu kompleks.

10. Skripsi Sekaligus Tesis

Jika kamu sudah punya rencana akan mencari beasiswa dan melanjutkan kuliah ke pascasarjana atau jenjang S2. Ada baiknya jika kamu memilih judul skripsi yang menjadi tema besar di tesis yang akan kamu kerjakan kelak. Pada umumnya pada pemberi beasiswa akan memberi syarat pengalaman penelitian di bidang tertentu untuk mendapatkan beasiswa di jurusan tertentu. Jika kamu sudah melakukan penelitian di bidang tersebut pada saat skripsi, tentu akan menambah kredit dan mempermudah kamu dalam memperoleh beasiswa kuliah pascasarjana yang kamu inginkan.

Beberapa hal di atas adalah 10 Tips Mudah Mendapatkan Judul Skripsi Yang Bisa Cepat Lulus. Semoga bisa membantu kamu yang saat ini sedang galau dalam memilih judul skripsi. Semoga cepat lulus ya. Cheers guys! :)



Pencarian
Ikuti Kami